Minggu, 19 Juni 2016

Dampak Komputer terhadap Perkembangan Bisnis



Sejak dulu manusia sudah menggunakan teknologi. Manusia menggunakan teknologi karena memiliki akal dan pikiran. Dengan akalnya, ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akal dan pikirannya untuk menyelasaikan masalah yang dihadapinya. Tentu perkembangan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia. Perubahan ini juga memberikan dampak positif terhadap nilai – nilai yang ada di masyarakat.  
 
Salah satu teknologi yang sangat berkembang pesat didalam semua aspek teknologi adalah komputer. Dimana dengan adanya komputer, semua bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya saat mengetik suatu teks. Apabila dahulu mengetik menggunakan mesin ketik maka sekarang sudah menggunakan komputer. Hal tersebut merupakan salah satu penerapan komputer yang sangat membantu manusia. Selain itu, komputer dapat menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan sebuah bisnis dan wirausaha.

Manfaat komputer juga dirasakan bagi para wirausahawan. Meski telah meredup, usaha warnet pernah menjadi bisnis dengan keuntungan menggiurkan. Bermodalkan beberapa  komputer dan koneksi internet mumpuni, Anda dapat meraup penghasilan di atas rata-rata. Selain warnet, usaha lain seperti warung game online, rental komputer, percetakan, dan sebagainya pun sangat tergantung pada komputer. Tidak heran jika sampai sekarang komputer masih dipakai dalam bisnis-bisnis mandiri.

Bisnis biasanya dilakukan oleh banyak perusahaan. Perusahaan dapat memperluas penjualan mereka melalui bisnis penjualan online. Penjualan online dapat mengurangi pengeluaran perusahaan. Pengeluaran perusahaan dapat lebih difokuskan pada pengeluaran marketing dan gaji karyawan. Selain itu, penjualan online juga dapat mempermudah bertransaksi dengan konsumen. “Dampak yang terjadi akibat banyaknya penjualan online yaitu masyarakat dapat dengan mudah mengikuti perkembangan teknologi informasi” (Sovian, 2011).

Daftar Pustaka 

Sovian, Riandi. 2011. Manfaat Teknologi Informasi di Berbagai Bidang. http://www.plimbi.com/. Diunduh tanggal 22/06/2016



0 komentar:

Posting Komentar